Trend Baru Kaum Milenial Untuk Membentuk Otot Tanpa Biaya

Olahraga street workut telah menjadi trend baru dalam pembentukan otot bagi kaum milenial. Street workout sendiri merupakan sebuah bentuk latihan calisthenics dan bodyweight exercise yang biasanya dilakukan di taman terbuka. Calisthenics sendiri adalah sebuah bentuk latihan yang terdiri dari berbagai gerakan sederhana dan pada umumnya dilakukan tanpa menggunakan peralatan atau alat.

Sedangkan pengeretian bodyweight exercise adalah latihan kekuatan yang tidak membutuhkan beban tambahan, biasanya hanya menggunakan berat badan praktisinya sebagai perlawanan ketika melakukan gerakan. Tujuan dan fokus dari olahraga street workout itu sendiri sebenarnya sama saja dengan latihan gym, yaitu untuk membentuk tubuh sesuai yang diinginkan.

Trend Baru Kaum Milenial Untuk Membentuk Otot Tanpa Biaya

Selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan psikomotor seperti keseimbangan, kelincahan dan koordinasi. Pada dasarnya latihan ini bisa meningkatkan endurance ataupun strength, tergantung bagaimana cara setiap individu melatihnya.

Trend baru dalam berolahraga raga ini telah digemari oleh remaja pria perkotaan. Meski begitu, sebenarnya calisthenic ini sudah ada sejak zaman Yunani kuno dan semakin populer hingga saat ini. Di benua Eropa dan Amerika, olahraga jenis ini telah menjamur dan bahkan sudah ada federasi romawi yang menaungi bidang olah raga ini.

Lalu bagaimana di Indonesia. Seperti pada beberapa negara lainnya, di Indonesia pun olahraga street workout sudah mulai berkembang. Bahkan telah berdiri berbagai komunitasnya. Di Jakarta, khususnya. Komunita ini biasanya terlihat pada hari minggu di Car Free Day (CFD).

Salah satu bentuk latihan dari olahraga yang paling populer dalam gerakan ini adalah Pull-ups, Chin-ups, Push-ups, Dips, Muscle-Ups, Sit-Ups, Crunches. Pada gerakan Street workout juga melibatkan beberapa gerakan statis seperti Human flag, Front, dan Back lever, Planche.

Kegemaran remaja melakukan latihan ini karena bisa dibilang tidak membutuhkan biaya. Setiap tempat seperti lantai, bar, kusen pintu, taman dan lain sebagainya bisa dijadikan pendukung latihan ini.

Seperti telah disinggung di atas, ternyata bentuk trend baru dalam mengolah bentuk tubuh ini memiliki komunitas besar. Olahraga Street workout yang telah di dilakukan oleh ribuan orang di belahan dunia, mempunyai beberapa nama yang cukup populer, seperti Bar Brothers, Barstarzz, Workout embassy dan banyak lagi.

Bahkan para komunitas street workout dunia pun berharap olahraga ini bisa menjamur dengan subur di Indonesia. Selain bermanfaat bagi tubuh, juga dapat menjadi perkumpulan resmi dan dinaungi sebuah federasi seperti di mancanegara

LihatTutupKomentar