Manfaat Latihan Squat Untuk Pria dan Wanita

Apa manfaat squat? Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari rutin berlatih gerakan squat. Squat dapat mengecilkan perut, meningkatkan aliran darah dan masih banyak lagi. Dimana akan dijelaskan di bawah. Sebelum itu alangkah baiknya Anda paham dahulu apa itu squat?

Squat adalah suatu gerakan olahraga bodyweight tarining yang berupa perpaduan dari gerakan jongkok dan berdiri dan gerakannya pun terbilang sangat simpel. Dan yang pasti banyak manfaat kesehatan untuk badan serta dapat digunakan sebagai latihan membangun kekuatan otot tubuh bagian bawah.

Manfaat Latihan Squat Untuk Pria dan Wanita

Cara Melakukan Squat yang Benar


Cara melakukan gerakan squat yang benar yaitu:

1. Posisi jongkok berada pada 90 derajat

Cara yang pas dan benar melakukan gerakan squats yaitu dengan posisi jongkok 90 derajat. Dengan begitu Anda dapat memperoleh manfaat dari squats yaitu berupa bokong menjadi lebih kencang.

Tips supaya posisi jongkok Anda berada pada 90 derajat, yaitu dengan menempatkan sebuha kardus setinggi lutut, ketika sedang melakukan gerakan squats, dan bokong harus menyentuh kardus tersebut kemudian kembali berdiri tegak. Ulangi gerakan tesebut hingga Anda terbiasa tanpa menggunakan kardus.

2. Punggung harus rata (tegak lurus)

Ketika pada posisi jongkok, usahakan punggung tetap tegak lurus. Karena kebanyakan bagi seorang pemula, banyak yang melakukan keselahan dengan pungung ikut membungkuk dan itu tidak benar. Yang benar adalah punggung harus tegak lurus.

Karena jika ketika melakukan gerakan squats dan punggung ikut membungkuk, maka akan memperbesar resiko Anda mengalami cidera.

3. Lakukan gerakan squats yang berbeda

Setelah Anda menguasai gerakan dasar squats, maka sebaiknya berlajar variasi gerakan squats yang lain. Ini supaya dapat melatih semua otot tubuh Anda.

Contohnya melakukan gerakan squats dengan memperbesar jarak kaki, dengan begitu otot paha bagian dalam ikut terlatih.

4. Gunakan barbell

Gerakan squats juga bisa digunakan untuk melatih otot tangan, Anda bisa menggunakan alat fitnes untuk membantu melatih otot tangan.

Anda bisa memulai dengan barbel yang ringan, dan kalau sudah terbiasa Anda bsia mencoba barbel yang lebih berat. Dimana dengan semakin berat barbel yang digunakan selama latihan squats dapat membakar kalori lebih cepat.

5. Bertumpu pada tumit

Keselahan terbanyak seorang pemula berlath squats adalah mereka bertumpu pada jari-jari kaki. Padahal seharusnya tumpuan ada pada tumit kaki. Karena jika bertumpu pada jari-jari kaki akan memperbesar resiko cidera.

Supaya terbiasa dan bisa bertumpu dengan tumit, maka Anda harus melakukan gerakan squats dengan benar. Salah satu caranya adalah dengan mendorong pinggang ke belakang, sehingga secara otomatis akan membuat badan bertumpu pada tumit kaki.

6. Posisi kaki harus pas

Ketika Anda melakukan rangkaian gerakan jongkok dan berdiri, wajib posisi kaki terlebih lutut dalam posisi yang sama. Jangan sekali-kali lutut bergerak kearah dalam, karena dapat mengakibatkan cidera.

Karena dengan posisi lutut kearah dalam, maka akan membuat tekanan pada otot lutut lebih besar dan menyebabkan lutut cidera.

Nah itulah 6 cara melakukan gerakan squats yang benar yang bisa anda lakukan. Selanjutnya mari kita bahas mengenai manfaat melakukan squat yang benar.

Manfaat Squat Bagi Kesehatan


1. Manfaat squat untuk perut

Apabila Anda rajin berlatih squat, maka Anda akan mempu membuang racun dan lemak di perut. Sehingga pertu akan menjadi lebih kecil serta sexi. Selain itu BAB pun menjadi lebih lancar akibat dari latihan squat.

2. Manfaat squat untuk paha
Dengan berlaltih squat setiap hari, Anda akan mendapatkan otot paha yang kuat dan kokoh.

3. Manfaat squat meningkatkan alirah darah

Squat juga sama seperti olahraga lainnya, dimana squats dapat meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh menjadi lebih baik. Sehingga pendistribusinan nutrisi dan oksigen juga ikut lancara dan lebih optimal.

4. Mengurangi terjadinya selulit

Selulit atau stretchmark dapat merusak keindahan kulit Anda. Nah salah satu cara untuk meminimalkan selulit tersebut dengan cara melakukan gerakan squats yang benar, dimana squat dapat membakar timbunan lemak berlebih yang menyebabkan terjadinya stretchmark.

5. Membakar kalori lebih baik

Jika Anda ingin membakar kalori dengan cepat, maka lakukanlah gerakan squats setidaknya 50 kali sehari dengan intensitas yang tinggi.

6. Memperkuat otot

Gerakan squat terbukti mampu memperkuat otot, khususnya otot bagian lutut.

7. Meningkatkan fleksibilitas

Melakukan gerakan squat yang benar dan teratur mampu meningkatkan kemampuan fleksibilitas otot menjadi lebih baik.

8. Membentuk pantat lebih indah dan kencang

Jika Anda ingin memiliki pantat yang indah dan kencang, maka lakukan olahraga squat setiap hari.

Nah itulah manfaat melakukan squat secar rutin dan jika ada yang bertanya bolehkan melakukan squat setiap hari? Maka jawabannya adalah sangat boleh. Dan Andapun boleh melakukan gerakan squat sebanyak 100 kali dalam sehari.

LihatTutupKomentar