Manfaat dan Cara Latihan Otot Tangan Dengan Handgrip Agar Semakin Kuat

Seorang kiper atau atlet beladiri wajib memiliki otot tangan yang kuat. Salah satu alat yang bisa digunakan latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan adalah handgrip.

Alat fitnes handgrip ini sangat simpel, portabel dan mudah dibawa kemana saja dan digunakan kapan saja. Bahkan saking simpelnya dapat digunakan sambil bercanda dengan keluarga. Sehingga pas digunakan untuk latihan di rumah sendiri.

Dan yang paling penting banyak manfaat dari latihan handgrip ini, bagaimana sih cara melatih otot tangan menggunakan handgrip?

Manfaat Latihan dengan Handgrip


Kekuatan otot tangan / lengan bawah akan semakin meningkat, jika Anda rajin melakukan latihan dengan alat handgrip ini.

Karena pada dasarnya alat handgrip ini dirancang dengna handle yang nyaman, peer besi yang kuat dan kokoh serta tidak membutuhkan energi tambahan (listrik, baterai, dll) untuk penggunaanya.

Begitu juga dengan modelnya begitu sederhana, namun dapat menghasilkan manfaat latihan yang luar biasa, jika Anda berlath secara benar dan disiplin.

Beberapa contoh jenis olahraga yang membutuhkan kekuatan otot tangan / lengan yang prima yaitu, beladiri, tenis, golf, angkat besi, tinju, bola voli, bulutangkis, bola basket dan lain-lainnya.

Nah inilah daftar manfaat latihan menggunakan handgrip yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kekuatan Cengkeraman Tangan

Daya cengkeraman yang kuat sangat diperlukan, tidak hanya bagi pelaku olahraga saja. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun juga diperlukan. Jika Anda rajin melatihnya dengan handgrip, maka Anda akan merasakan perbedaan yang signifikan.

Apalagi jika Anda seorang atlet beladiri ataupun seorang kiper, pasti snagat membutuhkan latihan ini.

Sebagai contoh atlet beladiri membutuhkan kekuatan cengkeraman yang kuat yang beguna pada teknik kuncian, bantingan dan lain sebagainya.

Untuk seorang kiper digunakan untuk menangkap bola keras hasil tendangan lawan ataupun untuk menghalau bola yang datang.
Otot telapak tangan atau jari-jari tangan yang dilatih secara rutin dengan handgrip pasti akan semakin kuat. Sehingga membuat kekuatan daya cengkeraman makin kuat pula.

2. Membentuk dan Menguatkan Otot Tangan

Latihan menggunakan handrgrip tidak hanya membuat daya cengkeraman bertambah kuat. Namun juga dapat membentuk otot lengan menjadi semakin kuat dan keras. Otot yang terbentuk baik bagian bawah ataupun bagian atas bermanfaat ketika digunakan untuk melakukan pukulan.

Dengan latihan handgrip kekuatan dan power tangan akan semakin meningkat. Sehingga alat ini cocok digunakan untuk melatihn kekuatan otot tangan/lengan oleh atlet badminton, beladiri, basket, voli dan lainnya.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot Lengan

Melatih lengan menggunakan handgrip akan sangat bagus hasilnya. Latihan ini akan meningkatkan kekuatan otot lengan Anda. Terutama pada proses pembentukan dan penguatan otot tricep.

Otot tricep ini berada pada bagian belakang lengan, sehingga lengan akan kelihatan semakin bagus.

4. Membuat Tampilan Lebih Menawan

Bagi seorang pria mempunyai tubuh yang atletis, kuat dan kekar merupakan cita-citanya.  Nah salah satu untuk membuat lengan menjadi lebih kuat dan kekar, slah satunya adalah dengan rutin berlatih menggunakan handgrip.

Begitu juga seorang wanita juga cocok latihan dengan handgrip, karena relatif aman dan alat ini berguna buat siapa saja.

5. Meningkatkan Kekuatan Pukulan

Atlet beladiri atau petinju pasti ingin sekali mempunyai pukulan yang kuat. Sehingga alat ini cocok dan berguna untuk melatih kekuatan tangan dan lengan. Supaya hasil pukulan lebih kuat dan meledak.

Itulah 5 manfaat latihan dengan handgrip yang bisa Anda gunakan sebagai refensi, kenapa Anda harus segera berlatih menggunakan alat handgrip tersebut. Nah untuk cara latihan dasar menggunakan handgrip ada di bawah ini!

Latihan Dasar Menggunakan handgrip


Ada beberapa pola atau model latihan yang bisa Anda lakukan dengan handgrip. Cara melakukannya hanya dengan digengam atau diremas secara berulang-ulang saja.

Meski terlihat mudah dan sederhana cara melakukannya, Anda tidka boleh asal-salan melakukannya, agar tidak memicu terjadinya cidera. Oleh karena itu ketika berlatih dengan handgrip usahakan tangan dalam keadaan lurus. Mulailah dari telepak tangan, sendi pergelangan tangan, baru smapai pada sendri siku harus dalam posisi yang lurus.

Selain untuk menghindari cidera otot, metode di atas juga dapat memaksimalkan hasil pembentuka (latihan) otot tangan dan lengan.

Satu lagi, yang perlu diingat adalah bahwa latihan yang berkualitas, tidak bisa didapat dengan cara yang instan. Sehingga Anda butuh melakukan latihan secara konsisten dan berkelanjutan.

Nah inilah prinsip dasar latihan handgrip yang perlu Anda ketahui!

Cara Latihan Otot Tangan Dengan Handgrip


1. Hold Handgrip

Manfaat dan Cara Latihan Otot Tangan Dengan Handgrip Agar Semakin Kuat
Pola latihan hold handgrip ini bertujuan untuk menguatkan genggaman tangan Anda.

Cara melakukannya adalah dengan menggenggam alat handgrip dengan lingkaran berada di atas selama 5 menit. Selanjutnya lepaskan dan ulangi lagi begitu seterusnya.

Untuk variasinya Anda bisa dengan meningkatkan / merubah durasi waktu genggaman/latihannya.

2. Close Handgrip

Manfaat dan Cara Latihan Otot Tangan Dengan Handgrip Agar Semakin Kuat
Dengan teknik close handgrip ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot telapak tangan/jari-jari tangan.

Caranya adalah dengan menggenggam handgriip lalu lepaskan. Lakukan secara berulang sebanyak 50 repetisi dan lakukan ke beberapa set latihan.

3. Down Handgrip

Manfaat dan Cara Latihan Otot Tangan Dengan Handgrip Agar Semakin Kuat
Untuk gerakan pada latihan ini sama seperti pada latihan jenis close handgrip, hanya saja yang membedakan lingkaran per pada alat handgrip berada di bawah/terbalik.

Nah itulah beberapa manfaat dan cara mengunakan alat handgrip yang bisa Anda coba lakukan. Jika ingin membeli alat handgrip, pilihlah yang berkualitas bagus dan belilah sepasang, supaya bisa digunakan bersamaan.

LihatTutupKomentar