5 Jenis Latihan Bodyweight Untuk Otot Dada

Bagaimana cara membentuk otot dada tanpa pergi ke gym center? Ada 5 cara membentuk otot dada tanpa harus pergi ke gym center. Anda bisa mencoba bentuk latihan yang bernama badyweight training, dimana inti latihannya memanfaatkan berat badan sendiri sebagai beban latihan.

Perlu diketahui bahwa otot dada adalah salah satu faktor yang dianggap dapat meningkatkan penampilan seorang laki-laki. Karena dengan memiliki otot dada yang bagus, maka akan semakin bagus pula tampilan kita.

Cara berfikir demikian tidak salah, oleh karena itu banyak orang yang pergi ke tempat fitnes center untuk melatih otot dada supaya terbentuk sempurna. Namun terkadang ada juga yang terkendala finansial sehingga tidak pergi ke tempat fitnes.

Padahal untuk membentuk otot dada, Anda tidak harus pergi ketempt gym. Anda bisa berlatih membentuk otot dada di rumah. dan tanpa peralatan fitnes. Tidak percaya? Sebaiknya Anda baca artikel ini sampai selesai ya!

Jenis Latihan Bodyweight Untuk Otot Dada

Cara Membentuk Otot Dada Dengan Bodyweight Training


Body weight training merupakan bentuk latihan yang efektif di rumah untuk membentuk otot dada Anda. Anda cukup mengikuti panduan latihan bodyweight disini, supaya mengetahui step / pola latihan menggunakan bodyweigth training.


1. Lakukan peregangan otot dada

Hal pertama untuk melatih otot dada adalah lakukan gerakan pemanasan/peregangan otot dada. Meskipun peregangan ini tidak akan membuat otot menjadi lebih kekar, namun dapat membuka jaringan yang menumpuk pada bagian dada Anda. Dengan jaringan yang teruka tadi, maka akan lebih mudah untuk membentuk otot dada, sehingga hasil lebih cepat dan dapat mengurangi resiko cidera.

2. Chair dips

Latihan chair dips merupakan bentuk latihan untuk membentuk otot dada, trisep dan juga bahu.

Seperti dengan namanya, chair dips yaitu bentuk latihan yang dilakukan menggunakan bantuan kursi. Dimana kursi digunakan unutk menopang berat badan ketika kita latihan.

Bentuk latihan chair dips ini merupakan bentuk variasi dalam latihan pembentukan otot dada dan otot lengan, dengan begitu otot akan terbentuk lebih merata.

Cara melakukan gerakan chair dips yaitu dengan memposisikan kedua tangan selebar bahu di kursi. Lalu angkat badan secara perlahan dengan kekuatan tangan Anda. Tekuk lutut ke arah belakang lalu turunakn badan secara perlahan. Coba ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali dalam 3 set.

3. Pull up

Gerakan pull up adalah latihang paling susah dibandingkan dengan latihan sebelumnya. Karena pull up merupakan jenis latihan yang menggunakan palang/bar sebagai alat bantu.

Pada gerakan pull up ini, tubuh akan bertumpu pada otot bagian atas, yaitu otot dada, otot lengan, otot punggung dan otot bahu.

Cara mudah membentuk otot dada dengan pull up:

  • Posisikan tubuh dibawah palang.
  • Genggam palang yang ada di atas tubuh anda.
  • Secara perlahan angkat tubuh anda hingga bahu sejajar dengan palang.
  • Tahan beberapa saat lalu turunkan tubuh secara perlahan.
  • Lakukan pengulangan sebanyak 3 set 20 kali secara rutin.


4. Plank

Latihan plank merupakan salah satu cara untuk membangun otot dada dengan mudah dan cepat. Itu dkarenakan ketika melakukan plank, maka banyak otot sekitar dada akan berkerja lebih ekstra sehingga pembentukan otot pun menjadi lebih cepat.

Anda bisa lakukan gerakan plank ini di rumah dan kapan saja. Karena gerakan plank tidak membutuhkan akat bantu.

5. Push up

Olahraga push up merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan sebagai cara membentuk otot dada. Selain dapat melatih otot bagian dada, dengan melakukan latihan push up ini Anda akan membentuk otot bagian lainnya seperti otot lengan. Push up merupakan salah satu jenis latihan ringan yang mudah dan umum dilakukan untuk memperkuat otot dada, lengan, dan bahu Anda.

Bentuk latihan ini juga tidak menggunakan alat dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Namun sebisa mungkin variasikan pola latihan push Anda seperti: Weighted Push Up, Plyometric Push Up, Rotation Push Up, Diamond Push Up dan Archer Push Up ya guys agar otot dada Anda terbentuk merata pada setiap bagiannya.

Nah itulah 5 jenis latihan bodyweight untuk membentuk otot dada. Silahkan dicoba dan ceritakan jika Anda telah sukses dalam membangun otot dada menjadi lebih sempurna.

LihatTutupKomentar