5 Tips Bodyweight Training Di Rumah yang Perlu Diperhatikan

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melatih kekuatan serta membentuk otot badan kita. Baik menggunakan alat bantu (peralatan fitnes) seperti barbell, kettlebell dan dumbell, atau hanya yang bermodalkan berat badannya sendiri alias bodyweight training. Dan metode ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

Ketika latihan menggunakan alat, maka Anda dengan mudah untuk menentukan dan meningkatkan beban sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun berbeda ketika mencoba latihan dengan menggunakan botot badan Anda sendiri (bodyweight). Anda harus pintar supaya berat badan dapat memberikan manfaat latihan yang diinginkan.

Oleh karena itulah Admin jelaskan tentang tips dan saran melakukan latihan bodyweight training supaya hasil optimal.

Tips Bodyweight Training Di rumah yang Perlu Diperhatikan
Image credit: stefanimhoff.de

Tips Bodyweight Training Di rumah yang Perlu Diperhatikan


1. Selalu Ingat Bahwa Kekuatan Itu Relatif

Dengan begitu jika Anda menentukan tujuan, maka Anda akan sadar bahwa tujuan yang berbeda maka akan membutuhkan waktu dan perlakuan yang berbeda pula.

Demikian pula dengan kondisi kekuatan seseorang yang berlatih untuk bisa melakukan bench press 200 kg, tidak akan sama dengan orang yang hanya menargetkan 20 kali one-arm push up sempurna.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik dan mencoba melakukan latihan bodyweight, maka jangan pernah membandingkan diri Anda dengan lifter kelas berat yang sudah biasa mengangkat beban ratusan kilo.

Karena kekuastan yang akan Anda latiha yaitu hanya untuk menggerakan badan dengan bebas, bukan untuk memindahkan benda yang berat.

2. Fokus pada Presisi

Pada jenis latihan beban, kita tahu forced rep berguna membantu hipertrofi. Bentuk gerakan yang kurang sempurna dapat dimaklumi guna memperoleh perkembangan otot yang maksimal. Namun berbeda dengan latihan bodyweight training, Anda wajib presisi.

Untuk contohnya, ketika Anda menginginkan latihan upper body yang kuat dan bertenaga, maka lakukanlah pull up hingga dagu melewati bar tanpa dibantu dari sentakan kaki.

Selalu pastikan Anda bergerak secara perlahan, hati-hati dan terkontrol baik itu pada fase konsentrik ataupun eksentrik pada tiap repnya. Nah itulah yang disebut presisi.

3. Manfaatkan Hukum Fisik

Masih banyak yang belum tahu, bagaimana caranya meningkatkan resistensi ketika melakukan latihan bodyweight. Karena latihan ini tidak sama ketika Anda latihan menggunakan barbell yang bisa dipasangi pelat, berat badan Anda cenderung stabil, oleh karena itu Anda harus kreatif.

Sebagai contohnya, saat perkembangan Anda menemui kebuntuan ketika latihan push up, maka Anda bisa mencoba ketiga teknik berikut ini:

  • Tinggikan posisi kaki untuk memberi beban lebih ke tangan.
  • Turunkan posisi tangan semakin dekat dengan pinggang dan semakin jauuh dari bahu.
  • Gunakan posisi tangan yang lebih sempit untuk memindahkan beban ke otot yang lebih kecil seperti trisep.


4. Hargailah Setiap Ada Kemajuan Dalam Berlatih

Selalu bersyukur dan hargailah dari hasil latihan bodyweight Anda, meskipun baru terlihast sedikit kemajuannya.

Yang terpentinig untuk mencapai tujuan yang diinginkan, Anda harus rutin berlatih sambil menikmati prosesnya.

5. Jangan Terpengaruh Haters

Mungkin di tengah perjuangan Anda berlatih bodyweight akan banyak haters yang mencibir apa yang Anda lakukan. Karena mereka yang mencibir Anda merasa paling tahu dan benar. Sehingga sering mencela gerakan latihan kita.

Oleh karena itu tidak usah didengarkan, cukup abaikan saja kata-kata mereka dan fokus untuk tetap berlatih.

Nah itulah tips dan saran dalam berlatih menggunakan merode bodyweight training. Bdw adakah tips dari kalian?

LihatTutupKomentar