Manfaat Body Weight Training UntukTubuh

Banyak sekali orang mencari tentang manfaat melakukan body weight training ketika fitness di #google. Ini semua dikarenakan latihan bodyweight training sangat sederhana dan mudah dilakukan, serta bisa menjadi solusi paling efektif untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan dan tentunya kesehatan badan secara keseluruhan.

Dan yang paling menarik adalah bodyweight training ini dapat dilakukan tanpa membutuhkan biaya sepeserpun dan bisa dilakukan dimana saja.

Nah silahkan simak tentang manfaat melakukan latihan bodyweight training bagi tubuh dibawah ini.

Manfaat Body Weight Training | fitnes.wiwa10.com

Manfaat Melakukan Bodyweight Training


1. Gratis Tanpa Biaya

Banyak orang yang keberatan untuk pergi ke gym center, dikarenakan dikenai biaya member, biaya trainer atau biaya kelas fitnes. Namun jika Anda melakukan bodyweight training ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tersebut.

Karena laithan bodyweight ini, gratis dan bisa dilakukan dimana saja. Nah tunggu apa lagi? Yuks dicoba langsung latihan body weight training ini!

2. Latihan Tidak Akan Membosankan

Ketika kita latihan fitnes dengan alat, biasanya kita akan menjadi terpaku dengan alat tersebut dan pola latihannya hanya seperti itu-itu saja (monoton).

Seperti alat treadmills, bench press, bicep curls dan lain-lainnya. Nah latihan tanpa alat ini bisa menjadi solusi yang menyenangkan serta tidak membosankan, karena ada banyak macam serta kombinasi gerakan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga / teman. Dan juga bisa dilakukan dimana saja.

Misalnya melakukan bodyweight training di taman rumah bisa sambil bercanda gurau dengan keluarga.

3. Mencegah Alasan Untuk Tidak Berolahraga

Dikarenakan kesibukan sehari-hari atau karena tuntutan perkerjaan, banyak orang yang tidak melakukan olahraga. Padahal sejatinya mereka ingin sekali melakukan olahraga.

Nah dengan melakukan bodyweight training ini, bisa melakukan olahraga kapan saja dan dimana saja. Sehingga tidak akan ada lagi alasan untuk tidak berolahraga.

4. Sangat Efisien

Bodyweight training begitu efisien dikarenakan latihan ini mampu meningkatkan kebugaran secara signifikan dalam waktu yang lumayan cepat.

Apalagi body weight training ini, tidak membutuhkan alat fitnes, sehingga sangat mudah untuk merubah latihan satu ke gerakan latihan lainnya.

Selain itu latihan bodyweight training ini juga mendukung untuk program latihan HIIT Workouts, yaitu bentuk latihan dalam waktu pendek namun menghasilkan hasil yang signifikan.

5. Membakar Lemak Dengan Cepat

Dengan melakukan gerakan latihan bodyweight training secara intens, selama beberapa menit akan mempengaruhi kerja metabolisme tubuh. Sehingga dapat menimbulkan afterburn ffect, yaitu pembakaran yang terjadi di dalam tubuh selama beberapa jam setelah latihan. Oleh karena itu latihan body weight training secara rutin dapat menghilangkan lemak.

6. Kombinasi Latihan Kardio dan Kekuatan

Dengan adanya perubahan antar gerakan, maka latihan kardio dan kekuatan sangat mudah dilakukan secara bersamaan.

Dengan melakukan latihan kardio diantara gerakan latihan kekuatan akan membuat jantung terpompa lebih optmal. Sehingga bermanfaat kedua latihan tersebut dapat dilakukan bersamaan.

7. Latihan yang Menantang

Jika Anda sudah merasa bentuk latihan begitu mudah, Anda bisa mulai meningkatkan kecepatan atau melambatkan tempo, atau bisa juga dengan mengurangi waktu istirahatnya.

Dengan begitu gerakan bodyweight training yang sederhana akan menjadi menantang untuk dilakukan. Ini sejalan dengan menambah tantangan latihan, Anda akan meningkatkan hasilnya.

8. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang yang melakukan latihan fitnes akan mendapatkan otot badan yang kencang dan persendian yang lentur.

Namun dengan melakukan bodyweight training ini, Anda dapat melatih keduanya bersaman. Sehingga Anda akan mendapatkan otot yang kuat serta persendian yang lentur.

Sebagai contohnya bisa mencoba melakukan yoga, dimana dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan tubuh secara nyata.

9. Melatih Kekuatan Otot Inti

Otot inti tubuh tidak hanya pada otot perut saja. Ada sekitar 29 otot yang menyusun tubuh. Dan beruntungnya adalah latihan bodyweight ini dapat melatihn semua otot tersebut.

Dengan berbagai bentuk latihan bodyweight training ini, tidak hanya membuat otot perut kencang (sixpack). Namun juga dapat memperbaiki postur tubuh, meningkatkan performa secara umum dan menghilangkan ketegangan otot punggung.

10. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Gerakan bodyweigth training mampu meningkatkan kemampuan keseimbangan badan kita. Dan cocok digunakan untuk melatih keseimbangan tubuh kita.

Sebagai contohnya ketika Anda melakan gerakan squat dan berganti menjadi squat satu kaki, maka tanpa sadar Anda juga telah melatih kesimbangan tubuh. Alhasil gerakan tersebut dapat meningkatkan kontrol terhadap kesimbangan tubuh.

Nah itulah 10 manfaat untuk Anda yang rajin melakukan latihan bodyweight training. Semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar