Apa itu Bodyweight Training? Dan Mengapa Sangat Efektif Untuk Kita?

Apa itu Bodyweight Training ? Sudah pernahkan kita mendengar istilah tersebut? Jika belum, maka simaklah penjelasan berikut ini.

Hari ini fitnes.wiwa10.com akan membahas mengenai jenis latihan Bodyweight Training. Selain itu juga akan dijelaskan pula kenapa jennis latihan ini sangat bagus dan efektif buat kita semua. Terutama bagi Anda yang ingin mengecilkan perut serta mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan atletis tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pergi ke gym center.

Apa itu Bodyweight Training? Dan Mengapa Sangat Efektif Untuk Kita?

Pengertian Bodyweight Training


Bodyweight Training adalah sebuah latihan olah tubuh yang tidak memerlukan alat / peralatan fitnes (berat) seperti Dumbell, Barbell atau semacamnya dan hanya fokus menggunakan berat badan diri sendiri serta gravitasi bumi.

Manfaat dari latihan Bodyweight Training ini bisa meningkatkan berbagai kemampuan biomotor termasuk kekuatan otot, daya tahan, reflek, kecepatan, fleksibilitas tubuh dan juga koordinasi kaki dan tangan serta keseimbangan badan.

Keuntungan Bodyweight Training


Manfaat melakukan gerakan Bodyweight Training yaitu:

1. Gratis dan Efisien

Dikarenakan model latihan ini lebih banyak memerlukan berat tubuh kita sendiri, maka kita bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Anda bisa melakukannya di dalam kamar, ruang tamu atau di halaman rumah Anda.

2. Mudah Di Lakukan

Pada jenis latihan Bodyweight Training, gerakan-gerakannya sangat mudah dilakukan bagi semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, baik tua ataupun muda. Semua bisa melakukannya, sebagai contohnya seperti gerakan push up dan sit up.

3. Sangat Efektif Untuk Membentuk Tubuh

Mengapa Bodyweight Training sangat cocok untuk membentuk tubuh, seperti mengecilkan (membentuk) perut? Ini dikarenakan gerakan yang paling sederhana dari jenis latihan Bodyweight Training yaitu sit up bisa dilakukakn kapan saja dan dimana saja. Sehingga Anda akan lebih banyak melakukan latihan sit up.

Apa itu Bodyweight Training? Dan Mengapa Sangat Efektif Untuk Kita?

Selain itu juga ada gerakan sederhana lain seperti Burpees dimana gerakannya dapat mengaktifkan / menggerakkan banyak otot sekaligus. Gerakan burpees ini fokus untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh bagian kaki, serta dapat meningkatkan reflek, fleksibilitas tubuh, keterampilan koordinasi kaki dan tangan, ketahanan otot serta sistem kardiovaskular (kerja jantung) dalam waktu yang sangat singkat.

4. Risiko Cedera Begitu Kecil

Syata utama untuk memulai suatu olahraga serta membentuk tubuh kita yaitu kesadaran diri tentang risiko cidera yang akan kita alami selama latihan, dimana semakin tinggi risikonya maka akan semakin berbahaya untuk badan kita.

Namun mengapa pada Bodyweight Training bisa sangat minim risiko cidera? Hal ini dikarenakan beban yang kita pakai adalah beban tubuh kita sendiri, berbeda jika kita menggunakan beban dari alat fitnes seperti Barbell atau mesin pemberat lainnya.

5. Sudah Banyak Komunitas

Apa itu Bodyweight Training? Dan Mengapa Sangat Efektif Untuk Kita?

Dewasa ini komunitas body weight training sudah banyak bermunculan di berbagai kota. Sehingga dapat menjadi patokan bahwa jenis olahraga ini sangat disukai oleh banyak orang di kota-kota besar Indonesia, seperti komunitas Freeletics dan Calisthenics, Bar Brother dan komunitas Street Workout lainnya.

Nah jadi mengapa harus berolahraga ke gym, kalau Anda bisa melakukan latihan sambil bercanda tawa dengan teman-teman di taman kota atau di halaman rumah Anda?

LihatTutupKomentar